Cara merawat dan mencuci sepatu berbahan suede

Jika Anda memiliki sepatu berbahan suede, perawatannya harus ekstra dibandingkan bahan sepatu lainnya. Hal ini karena dibandingkan dengan bahan kulit, bahan suede memiliki tekstur yang lebih lembut dan sebenarnya lebih rentan rusak. Bahannya juga cepat kotor dan sulit dibersihkan, sehingga memerlukan perawatan khusus terutama saat terkena noda. Lalu, bagaimana agar sepatu suede tidak cepat rusak, sobek, atau rontok permukaannya?

Kalau Anda ingin sepatu dan aksesori berbahan suede Anda terawat, jangan biarkan barang-barang tersebut sampai benar-benar kotor. Berikut ini beberapa tips merawat sepatu suede dan barang-barang serupa lainnya:

  • Gunakan produk pelindung suede. Produk ini tersedia di hampir semua toko sepatu dan berfungsi sebagai tabir pelindung dari kotoran dan noda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan atau semprotkan produk ini langsung pada barang-barang berbahan suede yang baru dibeli dan setiap kali setelah barang-barang tersebut dibersihkan. Walau membantu mengurangi kotoran yang menempel pada bahan suede, produk ini tidak mencegah penumpukan kotoran pada permukaan suede.
  • Jaga agar selalu kering. Bahan suede sebaiknya tidak dikenakan pada saat hujan, jadi pilih sepatu atau pakaian yang lebih tahan air pada saat cuaca buruk.

Nah yang berikut ini cara membersihkan sepatu suede tanpa merusak bahannya:

  • Singkirkan kotoran pada permukaan sepatu menggunakan sikat sepatu suede. Langkah ini akan meningkatkan efektivitas kerja produk pembersih suede nantinya. Sikat sepatu searah dengan serat bahan suede.
  • Pada bagian sepatu yang agak kasar, sikatlah dengan gerakan maju-mundur untuk menghilangkan serat-serat yang lepas.
  • Noda membandel perlu ditangani dengan bantuan air, namun jangan hanya membersihkan bagian yang bernoda saja. Bersihkan seluruh permukaan sepatu supaya kalau terjadi perubahan warna tidak akan terlalu terlihat karena terjadi secara merata.
  • Gunakan sikat sepatu suede yang agak basah untuk menyikat seluruh permukaan sepatu. Agar bentuk sepatu tidak berubah, masukkan pengganjal sepatu atau gumpalan kertas ke dalam sepatu lalu biarkan sepatu hingga kering secara alami. Jangan gunakan koran bekas karena tintanya dapat luntur mengenai sepatu Anda.
  • Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam—misalnya dari makanan atau minuman—manfaatkan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama jangka waktu tertentu, tetapi lama-kelamaan akan hilang

Artikel Lainnya

Go-Jek Luncurkan Layanan Terbaru Go-Laundry

Go-Jek resmi meluncurkan layanan terbarunya, yaitu Go-Laundry. Layanan ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dalam penggunaan layanan laundry. Go-Laundry merupakan inisiasi dari Go-Life sebagai penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi bagian dari Go-Jek.

images

Cara Membersihkan Spons Cuci Piring

Banyak orang lupa kalau kebersihan dapur bukan dilihat dari luar saja tetapi yang paling penting adalah menjaga kebersihan alat-alat kelengkapan dapur, terutama spons pencuci piring. Kebanyakan orang, merasa dengan membilas spons dengan air biasa sehabis dipakai sudah cukup atau yang penting sudah tidak ada sisa makanan di spons.

01

Dutch Navy

In modern use of the term, yachts differ from working ships mainly by their leisure purpose.

 

Request Penawaran

Silahkan hubungi kami dengan mengisi form dibawah ini untuk mendapatkan penawaran harga terbaik . 

Talk To Us

Kami akan membalas email Anda paling lambat 2 hari / 48 jam. Jika Anda ingin respon yang cepat, silahkan langsung hubungi kami di 081210109667

Monday - Saturday

Kami akan menerima pesanan Anda dari Senin – Sabtu mulai jam 8.00 AM – 5.00 PM

Connect With Us