images

Memiliki dapur yang bersih memang merupakan salah satu kunci sederhana untuk menjaga kesehatan keluarga. Dapur merupakan tempat dimana berbagai hidangan dibuat untuk memenuhi gizi setiap anggota keluarga. Sehingga menjaga kebersihannya dapat meminimalisir jumlah bakteri sumber penyakit yang dapat masuk ke tubuh melalui makanan.

Namun, banyak orang lupa kalau kebersihan dapur bukan dilihat dari luar saja tetapi yang paling penting adalah menjaga kebersihan alat-alat kelengkapan dapur, terutama spons pencuci piring. Kebanyakan orang, merasa dengan membilas spons dengan air biasa sehabis dipakai sudah cukup atau yang penting sudah tidak ada sisa makanan di spons.

Tau kah Anda spons yang telah dipakai lebih dari tiga hari dan disimpan dalam keadaan lembab atau basah adalah tempat hidup ideal bagi bakteri Escherichia Colli, Listeria dan Salmonella. Bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, gangguan pencernaan, diare, disentri, radang usus hingga typhus. Setiap satu inci persegi spons pencuci piring dapat mengandung 134.630 bakteri-bakteri tersebut. Jadi jangan heran, ketika anggota keluarga kita selalu makan masakan rumah kemudian mereka tiba-tiba diare, mungkin bukan masakannya yang kotor tetapi sponsnya.

Nah berikut cara membersihkan spons pencuci piring kita

  1. Jika Anda memiliki mesin cuci piring, masukkan spons cuci piring bersama peralatan makan lain ke dalamnya, lalu jalankan mesin.
  2. Rendam spons di dalam air panas bercampur detergen selama beberapa saat, lalu angkat dan remas-remas sambil membilasnya di bawah aliran air biasa. Berhati-hatilah ketika melakukan hal ini agar tangan Anda tidak terkena air panas. Gunakan alat bantu untuk mengangkat spons dari rendaman air panas. Masukkan spons ke dalam campuran satu sendok makan karbol dan lima liter air. Rendam selama satu jam lalu bilas. Baca aturan pakai produk karbol dan detergen sebelum menggunakannya.
  3. Masukkan spons basah ke dalam microwave, lalu jalankan microwave pada pengaturan maksimum selama dua menit. Sebelumnya, pastikan tidak ada elemen logam pada spons cuci piring Anda karena logam apa pun tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Berhati-hatilah menerapkan metode ini karena spons bisa terbakar jika tidak dibasahi terlebih dulu. Demikian juga ketika mengeluarkannya dari microwave.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, bersihkan spons cuci piring beberapa kali dalam seminggu jika Anda tidak mau spons tersebut menjadi sarang perkembangbiakan bakteri dan menebarkan bau tidak sedap di sekitar tempat cuci piring. Selamat mencoba !